About

Sabtu, 08 Agustus 2020

Cara Memanfaatkan Fitur Save State pada Emulator ePSXe


Pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial tentang Cara Memanfaatkan Fitur Save State pada Emulator ePSXe.

Apa itu Save State?

Save State adalah salah satu fitur dalam emulator game yang fungsinya untuk menyimpan momen/progres game yang sedang berjalan. Berbeda dengan menyimpan kedalam memory card, Save State bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja di dalam permainan tanpa harus menuju ke save point.

Fitur ini sangat berguna sekali sebagai backup sebelum kamu menuju level yang dirasa cukup sulit atau akan melawan bos didalam permainan, karena jika nanti kamu kalah atau game over di level tersebut kamu bisa langsung kembali ke titik dimana kamu melakukan Save State tanpa harus mengulang permainan terlalu jauh.

Contohnya gini...

Misal saya bermain game Harvest Moon Back to Nature, kemudian di dalam game ini saya akan mengikuti Swimming Festival atau lomba berenang yang biasa diadakan di Mineral Beach setiap tanggal 1 Summer.

Nah kamu sendiri tau kan, lomba berenang di  dalam game ini memang cukup sulit untuk dimenangkan. Jadi saya menggunakan fitur Save State ini sebelum dimulainya lomba, atau lebih tepatnya ketika sudah berada di pantai.

Jika nanti dalam perlombaan saya gagal juara pertama, maka saya bisa langsung kembali ke titik dimana saya melakukan Save State tanpa harus mengulang dari awal atau dari pagi hari yang dimana pemain harus mengurus kebun terlebih dahulu.

Gimana? Udah mulai paham kan fungsi dari fitur ini?

Nah sekarang saya akan memberikan tutorial tentang cara menggunakan fitur Save State ini untuk kamu.

Ada 2 versi tutorial yang akan saya bagikan disini, yaitu versi untuk pengguna PC dan satunya lagi versi untuk pengguna Smartphone Android. Berikut tutorialnya...


Untuk pengguna ePSXe versi PC

Pada emulator ePSXe versi PC ada 3 tombol shortcut yang bisa digunakan untuk memanfaatkan fitur Save State, yaitu :
  • F1 = Save State
  • F2 = Change State (ada 5 slot yang tersedia)
  • F3 = Load State
Berikut cara menggunakannya :
  1. Jalankan aplikasi ePSXe, lalu pilih File > Run ISO, kemudian pilih game playstation 1 yang ingin kamu mainkan.

  2. Jika sudah dipilih dan game sedang berjalan, maka kamu bisa menentukan terlebih dahulu slot yang akan digunakan untuk menyimpan progres game dengan cara menekan tombol F2 pada keyboard.

  3. Pada saat kamu menekan F2 akan muncul kotak/box kecil di pojok kanan atas, itulah slot state yang ada pada ePSXe. Cara memilihnya adalah cukup berhenti menekan tombol F2 di nomor slot yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan state.


  1. Jika slot sudah dipilih, mainkan game ps1 favoritmu seperti biasa hingga nanti kamu menemukan tempat/titik dimana kamu ingin menyimpan state.

  2. Tekan F1 untuk menyimpan state.

  3. Selesai.
Untuk meload state caranya mudah saja, yaitu tekan F2 untuk memilih slot yang ingin di load, lalu jika slot sudah dipilih tekan F3, selesai. (^_^)


Untuk pengguna ePSXe versi Android

Untuk emulator ePSXe versi Android, cara mengaktifkan fitur Save State nya cukup mudah. Berikut tutorialnya :
  1. Mainkan game ps1 favoritmu seperti biasa di emulator ePSXe Android.

  2. Jika kamu sudah menemukan tempat/titik dalam game yang menurutmu tepat untuk melakukan save state, tekan tombol kembali/back pada smartphone sampai muncul menu seperti dibawah ini.


  1. Pada tampilan menu ePSXe pilih Simpan Kondisi, kemudian akan muncul menu slot untuk menyimpan state (ada 5 slot yang tersedia).


  1. Pilih salah satu slot yang ingin kamu gunakan untuk menyimpan state atau progres game.

  2. Selesai.
Untuk meload state caranya yaitu dengan menekan tombol kembali/back pada smartphone kamu, lalu pilih Memuat Kondisi, kemudian pilih slot yang ingin kamu load, selesai.


Nah itu tadi tutorial tentang Cara Memanfaatkan Fitur Save State pada Emulator ePSXe. Jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar  fitur save state ini, silahkan tuliskan pertanyaanmu di kolom komentar ya.

Dan...

Kunjungi juga artikel saya yang berjudul Kumpulan Game PS1 pilihan Riz Games. (^_^)v

Okey sekian dulu dari saya untuk artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya. Dadaahhh...

Happy Gaming (^_^)

2 komentar:

Kalau cara mengakses save state yg sidah hilang d game nya tp masi ada data saveny d epsxe android gmn kak? Soalny saya konfigurasi ulang setingan epsxe nya. Eh alhirnya saat mau load save states trakhir sudah tdk ada d gamenya. Tp saat saya cek d folder save states dr file mamager masi ada datanya.

@Unknown
menurut admin ada 2 kemungkinan :

1. File save state nya sudah terhapus dari dalam folder "ssates" yang ada di ePSXe.
2. File save statenya ada, tapi datanya tidak terbaca karena nama filenya tidak sesuai dengan format ePSXe. format yang sesuai yaitu "PRODUCT CODE GAME PS1 (TITIK) NOMOR SLOT SAVE STATE".

Sebagai contoh untuk game Harvest Moon Back to Nature format penulisan yang benar adalah "SLUS_011.15.000", dan untuk file screenshotnya "SLUS_011.15.000.pic".

Nah kalau misalnya punya agan bertulisan "SLUS_011.15HLE.000" itu berarti ePSXe nya masih menggunakan HLE bios (bios internal), ketika agan mengganti dengan bios yang lain maka file save state sebelumnya jadi tidak bisa terbaca. Cara simple mengatasinya adalah dengan menghapus tulisan HLE pada file save state.

Posting Komentar