About

Sabtu, 03 Februari 2018

Cara Supaya Bisa Bermain Sebagai N. Oxide dalam Game CTR dengan Menggunakan CEP


Nitros Oxide (atau N. Oxide) adalah antagonis utama dalam game Crash Team Racing, dialah karakter yang bisa dibilang paling sulit untuk dikalahkan pemain. Top speed dan akselerasi yang luar biasa, ditambah lagi dengan aksi curangnya yang suka mencuri start duluan, bener-bener bisa membuat lawan (pemain) jadi frustasi dibuatnya. (-_-)

Meskipun begitu tidak akan mengurangi, justru malah menambah keseruan dalam bermain game CTR ini.

Dan buat kita yang pernah memainkan game ini di eranya PS1 dulu, mungkin sempat terlintas didalam benak kita tentang “bagaimana cara mendapatkan karakter N. Oxide ini ?”. Hoax pun muncul pada masa itu yang mengatakan bahwa untuk mendapatkan karakter ini kita harus menamatkan adventure mode dan juga mengalahkan N. Oxide di semua track dalam time trial mode, kenyataannya itu adalah tidak benar.

N. Oxide bukanlah locked character, jadi kita tidak bisa mendapatkan karakter ini dengan menamatkan game atau menggunakan kode cheat sekalipun. Satu-satunya cara untuk bisa bermain menggunakan karakter ini adalah dengan bantuan GameShark.

Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorial “Cara Bermain Sebagai N. Oxide dalam Game CTR”, dengan menggunakan GameShark yang bernama CEP atau Cheat Emulator PSX.

Okey, sebelum tutorialnya saya mulai. Yuk download dulu game, emulator dan software CEP nya di link yang ada dibawah ini.
Jika semua filenya sudah didownload dan diekstrak. Berikut tutorial “Cara Bermain Sebagai N. Oxide dalam Game CTR”, check it out...
  1. Jalankan aplikasi PSXfin yang tadi sudah di download.
  2. Kemudian jalankan aplikasi CEP yang tadi juga sudah di download. Tapi ingat ya, aplikasi PSXfin yang diawal tadi sudah dijalankan jangan di tutup/close.
  3. Pada menu CEP, pilih Process. Lalu akan muncul form seperti gambar dibawah ini.


  4. Ganti Select Application menjadi “pSX Emulator” | PSXFIN.EXE | Use Base Address Search | $00400000
  5. Ganti Base Address Search menjadi “PlayStation” | $A000E004 | $FFFFF0FF | -256 | $00400000 | $00200000


  6. Setelah itu klik Search. Nantinya pada form Use Base Address Search akan terisi otomatis dengan kode tertentu.
  7. Pilih menu Custom.
  8. Ganti Game Console menjadi PlayStation
  9. Ganti Code Engine menjadi GameShark/PAR
  10. Masukkan kode dibawah ini kedalam form Custom.
    N. Oxide Code : (NTSC Version)
    D0096AD6 FEFF
    80086E84 000F
    D0096AD6 FBFF
    80086E84 000D


  11. Jika kodenya sudah dimasukkan, klik ON.
  12. Sampai disini aplikasi CEP sudah selesai di setting, sekarang kita berpindah ke Emulator Playstation 1 (PSXfin) yang dari awal tadi sudah kita aktifkan. Ingat, aplikasi CEP yang sudah di setting tadi jangan di close ya.
  13. Pada menu PSXfin pilih File > Insert CD Image.
  14. Lalu pilih file game Crash Team Racing yang tadi sudah di download, kemudian klik Open.
Nah sampai disini kamu bisa bermain game CTR seperti biasa. Pilih Arcade/Time Trial, lalu pilih karakter dan juga track nya. Kemudian pada saat loading sebelum balapan, tekan L2 dan tahan sampai loadingnya selesai.

And... Tadaa...

Sekarang kamu bermain sebagai N. Oxide, si Alien dari planet Gasmoxia yang ngeselin ini. Haha...

Oh iya, jika pada saat kamu bermain tiba-tiba muncul red screen/layar merah. Cukup emulator PSXfin nya aja yang kamu restart ya.


Kenapa bisa muncul red screen?
Hmm... Mungkin wajar aja, soalnya Nitrous Oxide kan bukan locked character. Jadi istilahnya kita ngehack game ini supaya bisa bermain menggunakan karakter N. Oxide, makanya jadi muncul red screen. Kalau menurut saya sih...

Muncul pesan error?
Jika muncul pesan error yang bertulisan “Process I/O Error” atau “Process Not Found”, itu berarti aplikasi PSXfin nya tidak aktif atau baru saja kamu close. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu :
  • Jalankan dulu aplikasi PSXfin.
  • Kemudian beralih ke aplikasi CEP. (Aplikasi PSXfin nya jangan ditutup)
  • Pilih menu Process, lalu klik Search.
  • Kemudian pilih menu Custom.
  • Pastikan kode cheat yang di isi sudah benar, lalu klik On.
  • Jika tidak muncul pesan error lagi, berarti sudah selesai.

Apakah aplikasi CEP juga bisa digunakan untuk ngecheat game ps1 yang lain?
Tentu saja bisa, asal kamu tau kode cheat/gameshark nya. Kamu hanya perlu mengikuti tutorial CEP seperti yang di atas tadi dan untuk yang di nomor 10, kamu masukkan kode gameshark untuk game ingin kamu mainkan.

Okey, sekian dulu dari saya untuk artikel kali ini ya. Semoga info yang saya share tadi bermanfaat dan sampai jumpa di next artikel. Bye bye... (^_^)

0 komentar:

Posting Komentar